Tuesday, April 28, 2020

Di Ujung Jalan Sunyi by Mira W. || I came in like a wrecking ball~

Judul: Di Ujung Jalan Sunyi
Penulis: Mira W.
Tanggal Terbit: Juli 1999
Penerbit: Gramedia
Halaman: 210
Bahasa: Indonesia
ISBN: 9796552132
Ketika diceraikan suaminya, Adel didera perasaan rendah diri. Umurnya sudah empat puluh empat. Sudah hampir mati haid. Dia merasa sudah tua, dan tidak menarik lagi.

Dan suaminya, yang memang lebih muda darinya, memilih seorang wanita yang lebih pintar, lebih cantik, lebih muda, lebih agresif.

Dalam keaadaan depresi muncul seorang laki-laki yang menaruh perhatian kepadanya. Laki-laki yang membangkitkan kembali harga dirinya yang runtuh. Laki-laki yang membuatnya sadar bahwa wanita tetap bisa tampil menarik walaupun usianya sudah kepala empat...

Di Ujung Jalan Sunyi
Mengisahkan seorang janda beranak dua di ambang menopause. Dalam kesepian dan kekecewaan dia dihadapkan pada dua pilihan. Menerima kembali bekas suaminya yang ingin rujuk. Atau menerima lamaran psikiaternya yang sudah banyak membantunya.... Tetapi yang terjadi kemudian benar-benar di luar dugaan siapa pun....

Baiklah, buku ini sebenarnya adalah satu dari sekardus buku karangan Mira W. yang lain. Hampir satu dekade yang lalu, entah angin apa yang membuat Ibu memborong buku-buku itu dari sebuah website online. Hingga saat ini baru sebagian kecil yang dibaca, karena belum "terpanggil" begitu bahasanya. Tahun ini resolusi yang harus dicapai adalah perihal Reading Challenge untuk mengurangi tumpukan buku yang tak kunjung dibaca dan hanya menjadi alas debu saja. Salah satu challenge yang saya temukan adalah Dice Roll Challenge oleh Nisa Rahmah (@niesya_bilqis on IG). Tema bulan April adalah buku dengan cover bunga. Wah pas sekali novel Mira W. itu hampir semua covernya gambar bunga.
Di Ujung Jalan Sunyi dihiasi oleh bunga Anthurium berlatar belakang hitam yang dulu pernah booming dengan harga gila-gilaan. Dengan tebal yang tergolong tipis serta gaya bahasa dan topik yang diangkat membuat novel ini gampang sekali untuk diselesaikan, on one sitting! yeay! Thank you Mira W. 
Perasaan terakhir yang tersisa adalah, wow, it came like a wrecking ball! Persis seperti lirik lagu Miley Cyrus. Perceraian yang tiba-tiba serta hal-hal selanjutnya yang tak dapat diungkapkan karena bakal spoiler, membuat novel ini cocok dibaca kala sedang ingin bacaan ringan yang tidak perlu membuat emosi terkuras ataupun sakit kepala. Pelajaran moralnya... ada gak ya? Sebenarnya jika ingin dilihat dari sudut tertentu novel ini sangat sarat dengan humor sarkartis dan gelap. Jadi, a bit like my cup of coffee. 


0 comments:

Post a Comment

Hello.. Leave your messages here and i would gladly respond to it! Cheers!!